SK Gubernur Bagi Guru Honor Akan Segerah Di terbitkan

0
2519

Kendari, Corong Sultra. Para honorer lingkup SMA / SMK akan segera mendapatkan SK dari Gubernur Sultra Ali Mazi, SH untuk menerima honor setiap bulannya. Pembiayaan para honorer tersebut dibebankan melalui APBD Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar Rp 18 Miliar.

Kepala Bidang Pendidikan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Dikbud Sultra, LM Salihin, S.Pd,M.Pd mengatakan seluruh tenaga honorer yang berada di SMA dan SMK yang akan mendapatkan SK gubermur, lingkup Sultra berjumlah 3750 orang. Mereka lanjut Salihin, akan menerima honor sebesar Rp 400 ribu perbulannya.

” Data tersebut kami terima dari sekolah. Mereka yang mendapatkan honor adalah guru honor yang mengajar tahun 2018 ke bawah,” ujar Salihin.

Dijelaskan Salihin, untuk menentukan guru honorer yang akan menerima honor, Dikbud terlebih dahulu membentuk tim untuk mengecek guru tersebut.

” Kami turun dilapangan untuk mengecek apakab mereka benar benar mengajar atau tidak,” paparnya.

Jumlah honor tersebut nantinya bisa saja bertambah dalam setiap tahunnya. Pihaknyapun ungkap Salihin akan terus melakukan evaluasi.

” Meskipun mereka sudah terima.honor, kami akan terus mengecek ke sekolah apakah guru honor tersebut benar benar mengajar atau tidak,” paparnya.

Salihin yang kini sedang menunggy kandidat doktornya di Universitas Haluoleo itu berharap agar dengan pemberian honor tersebut dapat meningkatkan kwalitas pendidikan, khususnya para tenaga honorer yang berada di sekolah sekolah negeri. Mantan Wakasek SMAN 7 ini mengakui honor sebesar Rp400 ribu tersebut jumlahnya masih tergolong kecil. Namun lanjutnya, guru honor tidak menutup kemungkinan dibiayai juga melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama aturan membolehkan sehingga tidak terjadi tumpang tindih pembiayaan.

” Saat ini data kami masih sebatas guru honorer yang berada di SMA/SMK negeri. Ini adalah bentuk perhatian Gubernur Ali Mazi kepada guru honorer. Kita berharap kualitas pendidikan di Sultra terus meningkat dengan sentuhan tersebut,” tutupnya. (Husen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here