Muatan Di Atas 8 Ton, PT. Jhonlin Rusak Jalan Nasional

0
319

Kendari,CorongSultra.id-Aktivitas truk kendaraan yang digunakan PT. Jhonlin, mengakibatkan kerusakan jalan nasional yang dilewati perusahaan industri gula di Kabupaten Bombana itu.

Kerusakan jalan nasional diungkapkan Roy Kasatker Balai Jalan Nasional Wilayah I Sulawesi Tenggara (Sultra) usai mengikuti rapat dengar pendapat di DPRD Sultra.

Roy mengatakan rusaknya jalan nasional karena truk kendaraan yang digunakan PT. Jhonlin bertonase di atas 8 ton. Sedangkan kapasitas jalan nasional hanya 8 ton.

“Kapasitas jalan nasional delapan ton. Mereka (PT. Jhonlin) di atas delapan ton,” ujarnya, Rabu (22/7/2020) di DPRD Sultra.

Dia menjelaskan rusaknya jalan nasional bukanlah sepanjang jalan tetapi kerusakannya di beberapa titik jalan, mulai dari Kecamatan Tinanggea di Konawe Selatan sampai Pelabuhan Pisang di Bombana.

“Kerusakannya bukan sepanjang jalan. Kerusakannya setempat-setempat itu ada kurang lebih 134 kilometer,” katanya.

Mengenai izin menggunakan jalan nasional. Roy mengatakan mereka tidak pernah mengeluarkan izin, karena PT. Jhonlin pengguna jalan dan untuk melarang itu ranahnya instansi yang mempunyai kewenangan.

“Ketika jalan itu rusak, kita mengingatkan bahwa tonase kendaraan mereka tidak sesuai jalan yang kami buat,” jelasnya.

Roy mengatakan saat rapat dengar pendapat PT. Jhonlin berjanji memperbaiki kerusakan jalan nasional. Maka PT. Jhonlin akan berkoordinasi bagaimana mekanisme perbaikan jalan berstatus negara tersebut.

Tim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here