Reses di Buton, Fajar Ishak Mendapati Ada Kecamatan Belum Tersentuh Jaringan Telekomunikasi

0
41

Kendari, corongsultra.id – Saat ini, kebutuhan akan informasi melalui jaringan internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Di tengah situasi pandemi virus corona, sejumlah kegiatan yang tadinya dilakukan secara tatap muka kini digelar secara virtual diberlakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di semua daerah di Indonesia.

Namun hal ini menjadi kendala bagi daerah-daerah tidak terkecuali Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Kondisi ini yang dibenarkan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Fajar Ishak. Dia mengatakan bahwa saat melakukan kegiatan resesnya baru-baru ini di Kabupaten Buton. Ia mendapati sejumlah kecematan di daerah penghasil aspal itu belum tersentuh jaringan telekomunikasi.

“Ada beberapa kecematan di Buton, mayoritas desanya belum tersentuh sinyal handphone. Ini sangat menggangu terutama pada saat pembelajaran sistem daring seperti ini sangat mengganggu siswa yang belajar sistem daring,” ungkapnya di DPRD Sultra, Rabu (10/2/2021).

Fajar Ishak menyebutkan kecamatan yang belum tersentuh jaringan internet dan seluler diantaranya di Siatonipa, Lasalimu Selatan, dan Kapontori.

Anggota DPRD Sultra daerah pemilihan (Dapil) Bau Bau, Buton, Buton Selatan (Busel), Buton Tengah (Buteng), dan Wakatobi itu prihatin dengan kondisi tersebut karena siswa yang belajar daring terpaksa pergi di gunung-gunung untuk mendapatkan sinyal seluler dan internet.

“Karena mereka harus mencari sinyal handphone di gunung-gunung bahkan sampai di tempat-tempat tinggi yang berbahaya. Itu juga membuat kita harus pikirkan bagaimana solusinya ke depan,” ujarnya.

Legislator Partai Hanura itu mengatakan, setelah melakukan reses di Buton. Dia langgsung berkoordinasi dengan instasi teknis terkait yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika Sultra.

“Jadi saya langsung komunikasikan dengan isntasi teknisnya dan itu di Dinas Kominfo yang dipimpin pak Ridwan Badallah. Menurut beliau, dalam waktu dekat InshaAllah akan turun di lapangan untuk mengecek desa-desa mana saja yang sama sekali memang tidak ada akses sinyal internet dan handphone,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here