Sepeda Motor Listrik “GESITS” Hadir di Sultra, Gubernur Ali Mazi: Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

0
68

Kendari, CorongSultra.id – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melaunching GESITS, kendaraan sepeda motor listrik berbasis baterai di pelataran eks MTQ, Kota Kendari, Sabtu (27/2/2021).

GESITS adalah hasil kolaborasi pemikiran dari anak terbaik bangsa dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len, PT Wika Industri Energi, dan PT PLN. Hal ini membuktikan bahwa tingkat pemikiran dan karya Indonesia sanggup bersaing dalam kompetisi inovasi dan teknologi tinggi global yang ketat.

Gubernur Ali Mazi mengatakan, kehadiran sepeda motor listrik dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dan daerah maupun para pemangku kepentingan terkait mendukung pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

“Dasar pemikiran program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai ini adalah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM, yang akan berdampak positif dalam mengurangi tekanan pada neraca pembayaran akibat impor BBM, terwujudnya kualitas energi bersih dan ramah lingkungan serta komitmen indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca,” tuturnya.

“Sungguh hari membahagiakan bagi Sulawesi Tenggara dan GESITS pada hari ini kita semua telah mengawali sebuah langkah besar dalam perjalanan sejarah industri otomotif nasional untuk bersiap dalam menghadirkan kendaraan listrik roda dua berteknologi masa depan,” tukasnya.

Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) Muhammad Samyarto kehadiran sepeda motor listrik GESITS di Sultra adalah momentum yang baik memperkenalkan karya inovasi anak bangsa. Sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat tidak hanya Sultra khususnya, tetapi juga Indonesia Timur untuk mendorong perubahan mindset dan perilaku berkendara ramah lingkungan.

“GESITS siap mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengimplementasikan program renewable energy,” ujarnya.

Berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan Sultra dan PLN, GESITS terang Samyarto optimistis dapat bekerja sama dalam membangun infrastruktur, termasuk melakukan sosialisasi penggunaan motor listrik di Sultra.

Samyarto menjelaskan, dengan mengombinasikan keamanan, performa dan efisiensi, sepeda motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional yang cukup murah dan tanpa service rutin.

“Untuk pengechasan baterai cukup simple, dimana dapat dilakukan di colokan listrik biasa layaknya mengechas hand phone atau kaptop. Dan biaya listrik yang dibutuhkan hanya sebesar dua ribuan rupiah untuk menempuh jarak 50 Kilometer,” katanya menjelaskan.

“GESITS dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW, dengan tenaga sebesar ini GESITS mampu mengangkut 2 penumpang, dan dengan 3 mode berkendara, kecepatan maksimal GESITS dibatasi sampai dengan 70 Km/jam,” ucapnya berpromosi.

Dikatakannya, menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai dan dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

“GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here