Solopos Gelar UKW Mandiri Gelombang ke III yang Diikuti 26 Peserta Di Hotel Red Chilies

0
34

Solopos Gelar UKW Mandiri Gelombang ke III yang Diikuti 26 Peserta Di Hotel Red Chilies

Solo – sebanyak 36 Jurnalis sedang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Mandiri gelombang III yang Gelar PT.Solopos sedang berlangsung Jumat (26/022021 )di Hotel Red Chilies Manahan Solo yang mulai Pukul 08.00 sampai selesai.

Sementara dalam ujian tersebut inisiator UKW sendiri adalah Agung Santoso kepada awak peserta menjelaskan jumlah peserta setiap gelombang terus mengalami peningkatan.

“Kegiatan UKW Mandiri dengan lembaga penguji PT.Aksara Solopos setiap gelombangnya mengalami peningkatan..Gelombang I diikuti 24 wartawan, gelombang II 30 orang dan gelombang III 26 orang,” ujar Agung.

Dalam UKW kali ini ada 12 Materi yang diujiankan yaitu pertama pengetahuan umum tentang penulis Esai, tentang prinsip jurnalis, sejarah pers, tentang hukum pers, unsur nioai jurnalis (UNJ) tentanh pemberitaan, bahasa jurnalistik, menghubungi narasumber, rapat redaksi, reportase, menyusun berita menyunting berita, rapat evakuasi redaksi, teknologi Informasi dan terakhir kode etikjurnalistik.

Sementara untuk pembuatan Esai ada 3 tema yang harus dipilih dan dari tiga tema itu adalah salah satunya yang harus dipilih untuk dijadikan tema Esai peserta nantinya

Maka diharapkan para peserta ujian di gelombang ke III yang harus di pekajari hukum Pers, Kode Etik dan profesionalis Jurnalistik serta UU Pers Nomor 40 tahun 1999, ” Harapnya.

Selain itu kita harus memahami dan mempelajari 11 fasal jurnalistik yaitu,
Pertama pasal 1 terkait Profesinalisme jurnalis dan membuat berita yang akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk

Pasal 2 wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik serta pemaparannya.

Pasal 3 yaitu Wartawan Indonesia selalu menguji Informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi serta selalu menerapkan asas praduga tak bersalah, ” Ucap Agung.

Sementara pasal 4 Watawan Indonesia tidak membuat berita bohong (Hoax) Fitnah, sadis dan cabul.

Untuk pasal 5 sendiri yaitu Wartawan Indonesia tidak menyebut dan menyiarkan identitas korban kejahatan asusila dan tidak menyebut indentitas anak yang menjadi pelaku kejahatan.

Kalau pasal 7 Wartawan Indonesia memiliki hak tolak untuk melindungi nasarumber yang tidak
bersedia di ketahui identitasnya maupun keberadaannya serta Of the record.

Pasal 8 Wartawan Indonesia tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau kriminisi, ras agama warna kulit miskin cacat jiwa dan cacat jasmani.

Pasal 9 Wartawan Indonesia menghormati hak narasumber

Pasal 10 Wartawan Indonesia segera mencabut meralat dan memperbaiki berita yang keliru kalau perlu harus meminta maaf kepada kepada publik atau pembaca.

Pasal terakhir adalah Wartawan Indonesia melayani hak jawab dan hak koreksi secara progesional

Agung juga menjelaskan agar kita dalam membuat berita harus memenuhi unsur 5 W + 1 H
Yaitu What, Why, When Who Where dan How yaitu apa siapa dimana bagaimana dan mengapa.

Tujuan UKW di gelar agar
bisa menghasilkan wartawan Berkualitas dan profesional dalam melaksanakan tugas- tugas jurnalistik dan juga sekaligus bisa mendapatkan Sertifikat Uji Kompotensi dari Dewan Pers.

Semoga dalam ujian UKW Mandiri gelombang ke III ini para peserta bisa lulus dan kompoten semua, ” Harap Agung.

Laporan (Sultan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here