Wali Kota Kendari Minta Tiap Kelurahan Sediakan Satu PAUD

0
54

Kendari, CorongSultra.id – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta setiap kelurahan menyediakan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Permintaan itu dia sampaikan saat membuka rapat koordinasi dan pengukuhan tim pokja PAUD kota Kendari tahun 2021, di salah satu hotel di kota Kendari, Senin (30/3/2021).

Walaupun hampir sebagian besar kelurahan sudah menyediakan PAUD. Namun dari laporan Dinas Pendidikan Kota Kendari masih ada lima kelurahan belum mempunyai PAUD, wali kota meminta agar segera dituntaskan tahun ini.

Wali kota mengatakan, kehadiran PAUD merupakan langkah awal menyiapkan usia anak nol sampai enam tahun dididik sebelum memasuki pendidikan formal di sekolah dasar serta jenjang pendidikan berikutnya.

“Karena menghadirkan fasilitas-fasilitas itu baru langkah awal, selanjutnya kita pastikan bisa berjalan dengan baik memberi manfaat dan bisa diakses seluruh anak-anak kita usia 0 sampai 6 tahun atau minimal satu tahun sebelum masuk masa pendidikan formal sekolah dasar dan seterusnya,” katanya.

Lebih lanjut wali kota menjelaskan, kehadiran tim pokja bunda PAUD diharapkan betul-betul menjadi momentum menanamkan tekad dan niat memberikan yang terbaik untuk anak-anak.

“Ini sudah menjadi pemahaman kita bahwa usia anak 0 sampai 6 tahun adalah masa-masa yang menentukan masa depan anak-anak kita,” ujarnya.

Di mana kata wali kota, ketika orang tua dan masyarakat mampu menghadirkan suasana dan situasi kondusif di usia anak-anak seperti itu, maka mereka akan mempunyai cukup modal untuk menghadapi usia mereka selanjutnya.

“Di usia inilah seluruh tumbuh kembang anak-anak kita baik dari aspek mentalnya, fisiknya dan aspek lainnya,” ucapnya.

Tidak hanya pada fasilitas PAUD, wali kota juga menekankan pada tenaga pendidik agar mengabdikan dalam dirinya bahwa mereka adalah pendidik yang sedang mempersiapkan generasi penerus.

“Ketika kita mendidik anak-anak kita mulai dari mempersiapkan fasilitas dan tenaga pendidiknya, tentu hasilnya tidak akan kita lihat dalam waktu dekat karena yang kita lakukan adalah mempersiapkan generasi untuk 10 sampai 20 tahun mendatang,” pungkasnya.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here