Sulkarnain: Kehadiran Dewan Kebudayaan Bantu Lestarikan Budaya Lokal di Kota Kendari

0
34

Kendari, CorongSultra.id – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyambut baik terbentuknya Dewan Kebudayaan Kota Kendari yang baru saja dikukuhkannya, Rabu (31/3/2021).

Dia berharap kehadiran dewan kebudayaan itu bisa menumbuhkan suasana rasa persaudaraan masyarakat kota Kendari yang berlatar belakang berbagai macam suku dan budaya.

“Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh panitia dan dewan kebudayaan kota Kendari. Saya berharap dewan kebudayaan bisa memperat sekaligus menguatkan konektivitas di antara seluruh etnis, suku, budaya, dan seni yang ada di kota Kendari,” ucapnya.

Sulkarnain bilang, sewaktu audiens dengan para penggagas dewan kebudayaan. Dia merespon positif bahwa inilah satu-satunya lembaga yang sangat lengkap pengurusnya mulai dari dewan pembina sampai anggotanya.

Menurutnya, lengkapnya pengurus dewan kebudayaan mempunyai modal yang cukup untuk menjaga dan melestarikan bahkan mengembangkan kebudayaan lokal yang ada di kota Kendari.

“Tentu hal ini tidak mudah, karena kita berhadapan dengan kemajuan teknologi di era globalisasi yang saat ini sudah semakin terbuka melintasi batas geografis negara. Saya kira kita harus mempunyai semangat dan tekad untuk mempertahankan apa yang kita miliki saat ini,” tuturnya.

Namun demikian kata Sulkarnain, hal tersebut tidak perlu dipertentangkan karena seperti negara lain di luar negeri. Mereka bisa menyandingkan teknologi dengan akar budayanya.

“Saya kira ini tidak perlu dipertentangkan karena buktinya hari ini kita bisa menyatukan dan menyandingkan dua hal itu,” ujarnya.

Selain mendukung terbentuknya dewan kebudayaan, Sulkarnain mengatakan pemerintahannya memetakan beberapa destinasi situs-situs sejarah di Kendari yang juga harus dijaga dan dipelihara. Sehingga generasi selanjutnya di 10 tahun bahkan sampai 100 tahun mendatang tidak akan kehilangan jejak sejarah awal mula lahirnya kota Kendari.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here