Penggunaan Anggaran Covid-19 di Pemprov Tidak Jelas, Wakil Ketua DPRD Sultra Herry Asiku: Kita Akan Dalami

0
49

Kendari, CorongSultra.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendalami laporan penggunaan anggaran Covid-19 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra tahun anggaran 2020.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua DPRD Sultra H Herry Asiku dalam rapat pembahasan LKPJ gubernur di ruang rapat DPRD Sultra, Kamis (17/6/2021).

Herry Asiku menjelaskan alasannya pendalaman penggunaan anggaran Covid-19 dilatarbelakangi hasil laporan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Dimana auditor utama BPK RI Laode Nusriadi menegaskan penetapan harga belanja barang medis habis pakai dan obat-obatan tidak sesuai dengan ketentuan. Nah itu yang harus kita dalami, ini pedoman kita ingin mendalami sampai proses-proses efektivitas dana recofusing itu,” ungkapnya.

Dia menekankan seluruh anggota DPRD Sultra harus mendalami laporan hasil pemeriksaan BPK Sultra karena sudah jelas ditemukan ada yang tidak sesuai ketentuan.

“Kalau kita turun meninjau di daerah pasti ada tapi yang tidak ada di LHP adalah prosesnya kita harus tahu. Proses bagaimana dilakukan penerimaan itu, seperti kenapa ada kemahalan harga dan apa patokannya harus kita dalami. Kalau kita cuma pergi meninjau saja pasti kita tidak ketemu,” tukasnya.

Dari laporan BPK itu, Herry Asiku menilai pemprov begitu besar merecofusing anggaran daerah namun realisasinya tidak maksimal bahkan tidak transparan, sementara banyak jalan provinsi belum diperbaiki.

“Banyak orang mengeluh jalan provinsi banyak yang belum diperbaiki. Semua (anggaran) direcofusing tapi dana recofusingnya tidak efektif. Kita mau bangun jalan provinsi ternyata uangnya diambil untuk covid tapi pelaksanaannya tidak benar begitu,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Shaleh setuju apa yang diungkapkan Herry Asiku. Untuk itu dia menyarankan kepada anggota DPRD mempunyai data pembanding terkait realisasi LKPJ gubernur termasuk penggunaan anggaran Covid-19.

banner 300250 banner 300250 banner 300250

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here