Ajak Publik Kreatif Salurkan Aspirasi, Demokrat Sultra Bakal Gelar Lomba Mural

0
42

Kendari, CorongSultra.id – Setelah sukses menggelar berbagai lomba kreatif awal bulan September 2021. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal kembali membuat lomba.

Kali ini lomba yang akan dibuat Demokrat Sultra adalah lomba mural tingkat provinsi.

Ketua DPD Demokrat Sultra, Muhammad Endang SA mengatakan rencana lomba mural masih dalam rangkaian peringatan 20 tahun Partai Demokrat.

Endang mengungkapkan lomba tersebut juga sebagai respon Presiden Jokowi kepada Kapolri atas penghapusan mural.

“Serta sebagai respon atas teguran Presiden Jokowi kepada Kapolri atas penghapusan mural di berbagai wilayah di Indonesia,” ucap Endang dalam rilis tertulisnya, Jumat (17/9/2021).

Endang berujar Demokrat Sultra sudah membentuk panitia pelaksana yang diketuai Abdul Salam Sahadia.

“Saya menunjuk Abdul Salam Sahadia, karena dia muda, pencinta seni, dan keindahan, serta dulu sebelum menjadi anggota legislatif adalah aktivis pegiat demokrasi,” ujarnya.

Panitia lomba mural kata Endang, akan mengatur mekanisme persyaratan lomba mural, membuka pendaftaran peserta akan diumumkan melalui media massa dan baliho.

“Panitia lomba juga yang akan menentukan dimana lokasi lomba mural dilaksanakan termasuk media apa akan gunakan perserta menggambar atau melukis mural,” kata Endang.

Endang menambahkan, lomba tersebut akan dilaksanakan dengan sejumlah persyaratan yang ketat yaitu tidak boleh berisikan hoaks, SARA, dan ujaran kebencian pada individu atau kelompok tertentu.

“Muralnya mempunyai nilai seni dan estetika, dan tentu saja dapat berisi kritik sosial yang bisa dipertanggung jawabkan,” tukasnya.

Dia bilang bahwa masyarakat, anak muda, seniman, pecinta seni desain, kartunis bahkan ASN, TNI dan Polri bisa mendaftar mengikuti lomba mural.

Endang menambahkan, lomba mural akan dilaksanakan bulan ini (September 2021).
“Insyaallah pelaksanaannya bulan ini,” ujarnya lagi.

Nantinya ujar Endang, pemenang lomba mural akan diberikan hadiah sertifikat dan uang puluhan juta rupiah. Bagi juara 1 sampai 4 akan diundang membuat mural di pagar kantor DPD Partai Demokrat Sultra di jalan Boulevard nomor 1 Baruga, kota Kendari.

Dia berharap dengan lomba mural keindahan kota bisa tercipta sekaligus menjadi saluran kreativitas warga Sultra dan yang paling penting indeks demokrasi Indonesia bisa semakin membaik, kemudian pemerintah semakin terbuka dengan kritik dan bekerja lebih baik.

“Serta yang paling penting akan tercipta transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaran pemerintahan dan pengelolaan negara wabil khusus di provinsi Sulawesi Tenggara,” tutupnya.

banner 300250 banner 300250 banner 300250

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here