Resmikan Patung Bung Karno, Danrem 143 HO: Inspirasi Generasi Penerus NKRI

0
33

Kendari, CorongSultra.id – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi bersama Hendro Rahtomo, cucu Ir Soekarno presiden RI meresmikan patung Bung Karno di Markas Korem 143/HO (Halu Oleo), Sabtu (18/9/2021).

Peresmian patung presiden RI pertama itu dihadiri cucu Bung Karno Hendra Rahtomo, Wakil Gubernur (Wagub) Lukman Abunawas, Danrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Jannie A Siahaan, Kabinda Sultra Brigjen TNI R. Toto Octavian, dan perwakilan Kapolda Sultra.

Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya, Minggu (19/9/2021), mengatakan patung Bung Karno yang diresmikan di Makorem 143/HO tidak hanya untuk mengenang jasa pahlawan tapi juga menginspirasi generasi penerus bangsa dalam menjaga dan mempertahankan NKRI.

“Sebagaimana disampaikan Danrem, Patung Bung Karno tidak hanya mengenang semangat perjuangan dan pengorbanan beliau, tapi juga diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus bangsa dalam menjaga dan mempertahankan NKRI yang sangat kita cintai,” kata Rusmin mengutip pernyataan Danrem.

Sementara itu dalam sambutannya Gubernur Sultra Ali Mazi katakan, keberadaan patung Bung Karno di Sultra merupakan representasi nilai semangat dan jiwa perjuangan anak bangsa Indonesia.

“Untuk itu sebagai warga negara kita harus meneladani cara berpikir dan bertindak Bung Karno untuk memperkuat NKRI,” kata Ali Mazi.

“Rasa Nasionalisme dan kepedulian terhadap sesama harus selalu kita jaga dan tumbuh kembangkan untuk menjaga keutuhan bangsa ini,” lanjutnya.

Sebelum menutup sambutanya, Ali Mazi mengajak semua pihak untuk memaknai Patung Bung Karno dengan bekerja agar Sultra dan Indonesia menjadi lebih baik.

“Mari kita bersama memaknai Patung Bung Karno dengan wujud nyata, bekerja untuk Sultra dan Bangsa Indonesia kearah yang lebih baik,” ujar Ali Mazi menutup sambutannya.

Masih ditempat yang sama, Hendra Rahtomo mengatakan bahwa Patung Bung Karno jangan dilihat dari fisiknya semata namun ditangkap dari semangat perjuangannya yang pantang menyerah untuk Kemerdekaan Indonesia.

“Sebab api perjuangan itulah yang menjadi daya gerak yang di satu sisi membangun persatuan dan kesatuan bangsa, namun pada saat bersamaan, membangun spirit kemajuan bagi Indonesia Raya,” ucap putra dari Rachmawati Soekarno Putri itu.

“Di era kepemimpinan Bung Karno, beliau membawa Indonesia menjadi negara yang disegani termasuk tentaranya,” tambahnya.

banner 300250 banner 300250 banner 300250

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here