DPRD Sultra Bikin Raperda Peleburan dan Perubahan BPR Bahteramas jadi Perseroda

0
23

KENDARI, CorongSultra.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memprakarsai rancangan peraturan daerah (Raperda) Peleburan Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bahteramas dan Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bahteramas Menjadi Perseroan  Daerah (Perseroda) Bank Perkreditan Rakyat.

Usulan raperda tersebut merupakan hasil pembahasan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bamperda) DPRD Sultra dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sultra yang mengusulkan penggabungan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas se-Sultra beberapa waktu lalu.

Hari Selasa, (26/10/2021), DPRD Sultra kembali melaksanakan rapat paripurna penyampaian hasil pembahasan raperda peleburan BPR Bahteramas menjadi Perseroda.

Bamperda DPRD Sultra melalui juru bicaranya H. Abustam menyampaikan bahwa usulan raperda peleburan dan perubahan perusahaan daerah (Perusda) BPR Bahteramas merupakan cita-cita bersama DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra untuk mengetahui seberapa besar manfaat yang akan ditimbulkan dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah.

“Oleh karena itu mari kita bersama-sama mendukung pembentukan raperda yang dimaksud agar menjadi lokomotif perubahan ketahanan ekonomi kita di tengah pandemi saat ini,” kata Abustam membacakan hasil pembahasan raperda tersebut.

Abustam menjelaskan bahwa sasaran yang diwujudkan raperda peleburan BPR Bahteramas untuk menjadikan BPR Bahteramas lebih kuat dan lebih mandiri.

“Sehingga mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat daerah yang akhirnya memberikan pendapatan bagi daerah dan meningkatkan taraf UMKM di Sulawesi Tenggara,” kata Abustam.

Legislator Partai Gerindra Sultra ini menyebutkan manfaat raperda peleburan BPR Bahteramas diantaranya memperkuat kelembagaan dan struktur modal, menata kepemilikan dan meningkatkan kualitas BPR Bahteramas, memperluas jangkauan pasar dalam rangka intermediasi perbankan, mendukung program pemerintah daerah dalam percepatan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah, meningkatkan daya saing sehat dan kualitas pelayanan yang prima, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Abustam menuturkan ada tiga aspek yang berkaitan dengan raperda peleburan BPR Bahteramas menjadi Perseroda yaitu filosofis, sosiologis, dan yuridis.

banner 300250 banner 300250 banner 300250

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here